Tuesday, January 8, 2019

Silsilah Kerajaan KUTAI

source kerajaan kutai


kali ini penulis menyajikan bukti sejarah yang mana penulis mengangkat materi tentang sejarah, berikut ini silsilah kerajaan kutai,

a.    Raja Kudungga
Raja pertama kutai adalah Kudungga, raja kudungga merupakan nama asli nusantara. Pada masa kerjaan kudungga pengaruh hindu baru masuk ke wilayah kutai. Kedudukan kudungga pada awalnya adalah seorang kepala suku. Dengan masuknya pengaruh hindu, ia mengubah struktur pemerintahannya menjadi kerajaan dan menggangkat dirinya menjadi raja. Sehingga pergantian raja dilakukan secara turun temurun.
b.    Raja Asmawarman
Asmawarman sendiri merupakan putra dari raja kudungga.Asmawarman  adalah raja yang pernah memerintah Kerajaan Kutai. Dia disebut juga dewa Ansuman (Dewa Matahari).Ia juga diketahui sebagai pendiri dinasti kerajaan Kutai sehingga diberi gelar Wangsakerta, yang artinya pembentuk keluarga.Raja asmawarman juga dikenal sebagai seorang raja yang amat kuat dan cakap, karena pada masa pemerintahannya dia dapat memperluas wilayah kekuasaan Kutai.
c.    Raja Mulawarman
Raja Mulawarman adalah raja terbesar dikutai.Namanya menjadi ikon kerajaan tersebut.Mulawarman sendiri merupakan anak dari Asmawarman dan cucu dari kudungga.Dibawah pemerintahan mulawarman juga Kerajaan Kutai mengalami masa kejayaannya.Rakyat-rakyatnya hidup tentram dan sejahtera.


No comments:

Post a Comment