Tuesday, September 25, 2018

Apa Itu Vocabullary, Manfaat, dan Jenis-Jenis Vocabullary


A.    Pengertian
Vocabulary adalah himpunan kata yang diketahui oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelegensia atau tingkat pendidikannya.

B.     Jenis – Jenis Vocabulary
Tentang jenis-jenis vocabulary menurut Thornbury (2002:3-12), beliau menjelaskan bahwa setidaknya ada 6 jenis vocabulary, ini dia jenis-jenis vocabulary yang Thornbury maksudkan:

1.   Word Classes, istilah ini mungkin lebih dikenal dalam bidang morphology dan syntax, namun jika sobat-sobit lebih mengenal bahasa Inggris karena sulitnya grammar, istilah tersebut tentu well-known dengan nama parts of speech (nah lo itu lagi), bisa noun, pronoun, verb, adjective, adverb, preposition, conjunction. Pembahasan tentang Parts of Speech lebih banyak diterangkan di buku-buku grammar.

2.      Word Families, sama seperti istilah word classes, word families juga lebih tenar dalam bidang morphology dan syntax, jenis vocabulary yang satu ini membahas tentang imbuhan atau pergeseran bentuk sebuah kata. Contoh:
                         play - plays - played : inflected
                         play - replay - playful : derivatives

3.    Word Formation, dalam bahasa Inggris ada beberapa jenis formasi atau bentuk gabungan kata seperti:
                      Compounding: second-hand, word processor, typewriter
                       Blending: information + entertainment = infotainment
       Conversion: I always google every information I need. Kata google sebenarnya noun tapi diubah menjadi kata kerja.
·                      Clipping: electronic mail = email, influenza = flu

4.  Multi-word Units, kebanyakan jenis vocabulary yang satu ini berbentuk phrasal verbs dan idioms, contoh:
·                        Look for, look after, wipe off, throw on: Phrasal Verbs
·                       Famous last word, eat your words, jack me around: Idioms

5.  Collocations, jenis vocabulary yang satu ini dapat diartikan sebagai seringnya dua kata atau lebih bersama-sama (pasangan serasi dong).
      Contoh: this week, once more, once again, as well.

6.      Homonyms adalah kata-kata yang memiliki bentuk yang sama tapi berbeda dalam makna. Jenis yang berbeda seperti homophones; bunyi sama, makna beda dan homograph; tulisan sama makna beda termasuk jenis yang satu ini. .
      Contoh: well = sumur, baik, sehat. left = kiri, berangkat

C.     Pentingnya dan Manfaat Vocabulary
David Wilkins, dikutip Thornbury (2002: 13), menyimpulkan tentang pentingnya mempelajari vocabulary dengan mengatakan “Without Grammar very little can be conveyed, without vocabulary nothing can be conveyed.” Ia menjelaskan bahwa tanpa (mengetahui) grammar, sedikit sekali yang bisa kita ungkapkan. Namun tanpa (mengetahui) kosakata, tidak ada yang bisa kita ungkapkan. Memang benar apa yang diungkapkan oleh Wilkins tersebut. Meski kita mempunyai kemampuan grammar (tata bahasa) yang baik, namun kemampuan tersebut akan sia-sia saja jika kita tidak memiliki cukup penguasaan akan vocabulary.

References: Thornbury Scott, How to Teach Vocabulary, England: Pearson Education Limited, 2002.





No comments:

Post a Comment