Friday, September 21, 2018

Dampak Negatif Bila Sering Minum Kopi


Meminum kopi di pagi hari mungkin sudah menjadi kebiasaan beberapa orang. Terlebih menurut sebagian orang, dengan meminum kopi di pagi hari akan membuat tubuh lebih segar dan siap untuk melakukan aktivitas. Namun ternyata terdapat ancaman bahaya dari kebiasaan meminum kopi di pagi hari, terlebih saat perut kosong. Bahaya tersebut bahkan dapat berakibat buruk bagi tubuh dalam jangka panjang.
Berikut 3 dampak buruk yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan minum kopi saat perut kosong :

1. Asam lambung naik

Kopi telah terbukti merangsang produksi asam. Maka jika seseorang meminum kopi saat perut kosong akan meningkatkan keasaman perut. Hal tersebut kemudian akan menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

2. Membuat stres dan cemas

Pada umumnya, minum kopi menimbulkan kegelisahan, stres, dan juga termasuk perubahan suasana hati. Selain itu, tingkat serotonin, hormon pemicu rasa tenang dan bahagia, yang diproduksi otak pada dasarnya rendah sepanjang pagi hari. Ketika seseorang minum kopi saat perut kosong di pagi hari, efek negatif ini dipercaya dapat lebih memburuk.

3. Menekan produksi hormon kortisol

Minum kopi saat perut kosong di pagi hari dapat mengganggu produksi kortisol, komponen penting dari jam sirkadian. Yaitu alarm alami tubuh yang membantu kita bangun di pagi hari dan membuat kita mengantuk di malam hari. Di pagi hari, otak melepaskan begitu banyak produksi kortisol untuk membangunkan kita. Ketika seseorang langsung minum kopi setelah bangun tidur, ini menyebabkan produksi kortisol menurun dan tubuh jadi lebih bergantung pada kafein untuk membuat mata terjaga.


No comments:

Post a Comment